I.
Pengorganisasian
melalui outline
_
II.
Pemilihan
kata yang tepat
_
III.
Membuat
kalimat yang efektif
Dalam
membuat kalimat yang efektif dibutuhkan adanya ketepatan, kebenaran,
keringkasan dalam kata-katanya serta jelas. Jelas disini berarti mengacu pada
makna yang dilanturkan jelas. Usahakan agar kita tidak menggunakan kata-kata
yang bersifat mubazir yang mana memperpanjang waktu pembaca membaca pesan
bisnis. Ketepatan dibutuhkan agar tidak ada keambiguan atau makna ganda dalam
kalimat. Selanjutnya jikalau kalimat tersebut ditulis dalam bentuk tulisan maka
hindarilah kesalahan dalam bentuk penulisan, format, tanda baca, penggunaan
kata, ejaan dan tata bahasa. Tutur bahasa yang digunakan dalam kalimat juga
diperlukan, karna tingkatan kalimat yang digunakan memengaruhi siapa si
penulis.
Referensi
: Dewi, Sutrisna.2007.Komunikasi Bisnis.
Yogyakarta: CV. Andi Offset
Tidak ada komentar:
Posting Komentar